Cara menghilangkan bekas jerawat yang benar

imamfah91

2,281 views

 
Jerawat merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada kulit wajah dimana hal ini terjadi pada saat minyak dan juga sel kulit mati menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan peradangan. Secara umum, jerawat bukanlah penyakit yang serius karena salah satu masalah kulit ini biasanya akan hilang dengan sendirinya saat seseorang memasuki usia dewasa. Tetapi ada juga jenis jerawat yang  akan tetap muncul meski anda sudah berusia dewasa bahkan setelah menikah sekalipun. Jerawat biasanya dicirikan dengan hadirnya komedo, kemudian adanya kulit yang kemerahan karena adanya iritasi, setelah itu noda hitam dan juga bintik-bintik merah yang membengkak sampai menjadi bernanah.

Memang untuk setiap orang memiliki jenis jerawat yang berbeda-beda yaitu mulai dari bentuknya yang ringan kemudian munculnya seperti bintik merah, komedo, sampai dengan pada bentuk yang sangat parah seperti ratusan bintik serta benjolan yang memerah dan biasanya akan sakit jika disentuh. Jerawat seperti ini  tak jarang dapat menutupi area kulit tertentu. 

Jerawat secara umum terjadi pada usia remaja atau lebih tepatnya pada masa puber. Jerawat seperti ini biasanya menyerang pada kedua jenis gender, baik itu pada laki-laki ataupun pada perempuan, meskipun jerawat yang terjadi kepada laki-laki umumnya lebih parah serta berlangsung lebih lama. 
Kali ini saya akan berbagi artikel kepada Anda mengenai Cara menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan bahan alami yang mudah anda dapatkan dan tentunya juga harganya cukup terjangkau jika dibandingkan dengan obat jerawat yang ada di toko obat.

Perlu kita ketahui bahwa bekas jerawat yang ditimbulkan setelah jerawat menghilang sebenarnya merupakan proses penyembuhan serta perbaikan yang ada pada jaringan kilit. Selama proses tersebut berlangsung maka kulit Anda akan memproduksi kolagen, sebuah zat yang memiliki fungsi untuk memperbaiki jaringan pada kulit. Kelebihan dari produksi kolagen pada kulit akan mengakibatkan kulit menjadi terangkat kemudian menimbulkan flek serta bintik-bintik hitam. Sedangkan pada saat terjadi kekurangan kolagen maka kulit bisa menjadi berlubang. 

Sehingga dalam hal ini kelebihan ataupun kekurangan kolagen pada saat perbaikan jaringan kulit tersebut ternyata juga menjadi masalah. Maka dari itu kita membutuhkan sebuah solusi dalam menghilangkan bekas jerawat terutama dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang lebih aman.

Sebenarnya untuk bekas jerawat berupa flek hitam atau kemerahan bisa hilang setelah beberapa bulan semenjak jerawat Anda sembuh, akan tetapi kita bisa mempercepat proses penyembuhannya dengan menggunakan berbagai cara, ada yang menggunakan obat-obatan dan ada pula yang memakai cara alami. Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami menjadi salah satu pilihan yang baik karena tidak memiliki resiko yang tentunya dapat dicoba oleh siapa saja, selain itu juga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang.

Nah berikut ini beberapa Cara menghilangkan bekas jerawat dengan mengunakan bahan-bahan alami.

1. Menggunakan perasan jeruk nipis
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa jeruk ini bisa digunakan untuk menyembuhkan bekas luka dan juga berguna untuk meremajakan kulit karena memang jeruk nipis tersebut mengandung zat yang disebut asam alpha hidroksi alami (AHA). Cara pemakaiannya yaitu dengan memeras air jeruk nipis, kemudian oleskan pada wajah Anda sampai merata. Jika sudah, diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih. Lakukan cara tersebut secara rutin minimal 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Menggunakan madu
Madu selain dapat digunakan untuk melembabkan kulit bisa juga dimanfaatkan untuk membersihkan jerawat serta dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Madu secara alami mampu melembabkan kulit karena memiliki sifat antibakteri yang bisa menetralisir zat-zat yang terdapat pada kulit wajah serta bisa mengurangi adanya peradangan. Cara untuk memakainya yaitu dengan mengoleskan madu langsung pada wajah yang memiliki jerawat atau sebaiknya bisa Anda usapkan pada seluruh wajah. Dan jangan lupa, pastikan madu yang dipakai merupakan madu murni bukan madu hasil olahan dari pabrik (madu sintetis).

3. Menggunakan Scrub Gula
Cara untuk membuatnya yaitu dengan menyiapkan gula dan juga minyak zaitun.  Campurkan kedua bahan tadi dengan takaran 2 sendok gula dan 1 sendok minyak zaitun. Untuk memaksimalkan cara kerjanya anda juga bisa menambahkannya dengan beberapa tetesan air jeruk nipis. Jika ramuan tadi sudah jadi oleskan secara merata pada seluruh bagian kulit wajah Anda terutama yang terdapat bekas jerawat. Setelah itu diamkan selama 15 menit setelah itu bilas dengan menggunakan air sampai bersih.

4. Menggunakan minyak zaitun 
Minyak zaitun memang sudah dikenal sejak lama dapat membantu mempercantik kulit berkat kandungan nutrisnya yang melimpah. dengan manfaatnya yang cukup baik untuk kesehatan dan salah satunya juga bisa menghilangkan bekas jerawat ini. Cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun yaitu cukup dengan mengoleskannya pada wajah sebelum tidur dan pada waktu pagi hari.

5. Menghilangkan bekas jerawat dengan Menggunakan tomat
Tomat merupakan salah buah yang sering digunakan sebagai sayur, sehingga banyak orang menyebutnya sayur. Terlepas dari apakah tomat masuk dalam kelompok sayur atau buah dia tetaplah memiliki kandungan yang sangat menguntungkan untuk kulit wajah kita sehingga dipercaya cukup ampuh dalam menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Di dalam buah tomat terdapat beberapa vitamin seperti vitamin A dan C yang mempunyai banyak khasiat untuk wajah dimana salah satunya yaitu mempercepat penyembuhan bekas luka. cara pemakaiannya: potong buah tomat menjadi bagian yang tipis kemudian tempelkan pada wajah Anda yang terdapat bekas jerawat. Diamkan sekitar 25 sd 30 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih. 

6. Menggunakan Es Batu dan  Teh Hijau
Teh hijau memiliki sifat anti inflamasi yang bisa melengkapi adanya efek dingin pada es. Caranya penggunaannya: Seduah teh hijau kemudian bekukan hingga menjadi es dengan cara memasukkannya ke dalam freezer. Gunakan es batu tadi  dengan cara mengoleskannya pada wajah selama kurag lebih 1 atau 2 menit hingga kulit akan terasa mati rasa.

7. Menggunakan lidah buaya 
Lidah buaya kaya akan kandungan vitamin yang bisa menyembuhkan luka bekas jerawat dan juga bekas luka lainnya. Lidah buaya memiliki sifat dingin yang menyegarkan sehingga sangat nyaman di kulit. Cara penggunaannya: Potong lidah buaya untuk diambilnya gelnya. Setalh itu ambil gel tersebut  untuk dioleskan ke bagian wajah yang memiliki bekas jerawat sambil memijatnya seara perlahan sampai meresap ke kulit. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 30 menit, jika sudah anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih.

8. Menggunakan mentimun 
Mentimun memiliki kandungan Vitamin A dan C serta Magnesium yang bagus digunakan untuk kulit wajah. Cara pemakaiannya hampir sama dengan tomat yaitu dengan diiris tipis kemudian tempelkan pada wajah yang memiliki bekas jerawat. Diamkan kurang lebih 20-30 menit setelah itu angkat dan bilas wajah anda. Lakukan cara tersebut secara rutin untuk memperoleh  hasil yang maksimal dan bekas jerawat Anda bisa cepat hilang.
Sebelum menerapkan semua cara tadi, bersihkan kulit wajah anda terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran yang menempel sehingga proses pengobatannya bisa bekerja dengan baik.

Demikianlah beberapa Cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa kami share,  semoga bisa berguna untuk anda.

0 Comments

There are no comments to display.

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Sign In / Sign Up